Minggu, 21 April 2019

kelapa kopyor 100

BUDIDAYA KELAPA GENJAH KOPYOR

bibit kelapa kopyor 100
bibit kelapa kopyor siap dibudidayakan

Kelapa kopyor adalah kelapa yang mengalami kelainan genetik, buah kelapa dan air kelapa bercampur menjadi satu. Ketika dikocak-kocak akan terdengar suara kocak yang menandakan isi kelapa tersebut kopyor.  Kelapa kopyor bisa berasal dari jenis kelapa Dalam (Tall) ada juga yang dari jenis Genjah (Dwarf). Berikut ini adalah yang perlu disiapkan untuk budidaya kelapa wulung.

A.      Persiapan Benih/Bibit kelapa kopyor. 

1.     Benih unggul berasal dari Pohon Penghasil Tinggi yang sudah berusia lebih dari 10 tahun. Buah kelapa yang tidak kopyor dalam sat pohon, maka dibiarkan tua dan kering untuk kemudian disemaikan menjadi bibit.
2.       Umur bibit siap tanam adalah 3 – 10 bulan.

B.      Pembuatan Lubang Tanah

  1. Di lahan dipasang ajir untuk tempat pembuatan lobang tanam sesuai dengan jarak yang dipilih : 8,5 x 8,5 m atau 9 x 9 x 9 m segitiga.
  2. Sebulan sebelum bibit ditanam, dibuat lobang dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm atau disesuaikan dengan berat ringannya tanah diolah, ukuran lobang lebih besar untuk tanah berat dan lebih kecil untuk tanah ringan.

 C.      Penanaman bibit kelapa kopyor

  1. 2-4 minggu sebelum bibit ditanam, lobang ditimbun dengan tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang dan pupuk lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  2. Bibit ditanam dibagian tengah lobang dengan kedalaman sekitar 10 cm dari permukaan tanah.

 D.      Pemeliharaan Tanaman Kelapa genjah kopyor

  1. Pengendalian rumput/gulma dilakukan setiap dua bulan, pada tanaman muda 1,0 m di sekitar tanaman dan tanaman dewasa selebar 2,0 m.
  2. Pemupukan dilakukan dua kali setahun, pada awal dan akhir musim penghujan dengan takaran pupuk per pohon 0,5 – 0,7 kg ura, 0,1 – 0,4 kg TSP, dan 0,6 – 1,0 kg KCL setiap kali pemupukan.
  3. Pupuk diberikan melingkar pohon kelapa dengan jarak 1,0 m dari pohon untuk tanaman kelapa muda dan 2,0 m untuk tanaman dewasa ke dalam tanah sekitar 15 cm.
  4. Kumbang penggerek pucuk Oryctes rhinoceros dan cendawan Phytophthora palmivora penyebab penyakit busuk pada tanaman kelapa merupakan hama dan penyakit utama. Hama  oryctes dikendalikan secara hayati dengan cendawan Metharizium dan Baculvirus, sedang penyakit busuk pucuk dengan fungisida Alliete melalui infis pada lubang yang digerek hama.

 E.       Rehabilitasi Tanaman Kelapa

Kriteria tanaman kelapa kopyor yang sudah seharusnya direhabilitasi yaitu:
  1. Pertumbuhan kelapa kopyor tidak normal, batang mulai mengecil akibat saluran drainase tidak berfungsi (pasang surut).
  2. Pertanaman kelapa kopyor rusak akibat serangan hama, penyakit, gulma atau tidak pernah dipupuk.
  3. Penanaman kelapa kopyor rusak sebagian akibat kemarau apanjang atau kebakaran.
  4. Bila tanaman kelapa kopyor tergenang air dibuatkan parit pembuangan (drainase)
  5. Tanaman kelapa yang rusak berat atau mati diadakan sulam.
  6. Pengendalian gulma, hama dan penyakit seperti pada kegiatan peremajaan serta pemupukan berimbang berdasarkan analisis status hara daun dan tanah.

F.       Usaha Tani untuk tanaman kelapa kopyor

  1. Kebutuhan benih/bibit kelapa wulung untuk kegiatan perluasan sama dengan pada peremajaan, demikian pula dengan kegiatan yang dilakukan di lapang seperti pengajiran, pembuatan lobang dan pemeliharaan.
  2. Usaha tani tidak lagi monokultur akan tetapi polikultur (kelapa + tanaman sela) dan diversifikasi produk (lihat diversifikasi usaha tani) dalam bentuk suatu system usaha yang komersial.
  3. Petani berkelompok sehingga tercapai skala komersial, minimal 300-500 ha untuk pengolahan secara terpadu.
Demikian artikel tentang budidaya kelapa kopyor, melihat potensi produksi dan bernilai ekonomi tinggi di era mendatang kelapa kopyor banyak diminati pasar sebagai produk kesehatan. Dari tanaman kelapa kopyor di atas sangat berpeluang untuk diproduksi terus menerus.


Related keywords kelapa wulung 


manfaat kelapa kopyor

harga kelapa kopyor per butir

perkebunan kelapa kopyor

es kelapa kopyor

kelapa wulung 

klasifikasi kelapa kopyor

kelapa kopyor roma

kelebihan dan kekurangan kelapa kopyor

budidaya kelapa kopyor pdf

bibit kelapa ganjah kopyor

22/04/19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar