Kamis, 29 Agustus 2019

Varietas Kelapa Kopyor Di indoensia


Mengenal Varietas Kelapa Kopyor Di indoensia

Bibit tanaman unggul – Pohon kelapa kopyor sudah mulai banyak kita jumpai di Indonesia. Beberpa pekarangnan rumah warga di desa-desa di pulau Jawa dan Sumatera telah terdapat pohon kelapa. Nah, Tahukan, kalau varietas kelapa kopyor yang tersebar di seluruh negeri ini ada berapa? Jawabnya ada 2, yaitu kelapa kopyor tipe dalam dan kelapa kopyor varietas genjah.
Pak Jaman panen buah kelapa kopyor Varietas Genjah

Bibit tanaman unggul – Pohon kelapa kopyor sudah mulai banyak kita jumpai di Indonesia. Beberpa pekarangnan rumah warga di desa-desa di pulau Jawa dan Sumatera telah terdapat pohon kelapa. Nah, Tahukan, kalau varietas kelapa kopyor yang tersebar di seluruh negeri ini ada berapa? Jawabnya ada 2, yaitu kelapa kopyor tipe dalam dan kelapa kopyor varietas genjah.

Pohon Kelapa kopyor Varietas Dalam


Pada dasarnya teknik pengembangan kelapa kopyor dapat dilakukan secara konvensional, yaitu menggunakan benih yang berasal dari pohon yang berbuah kopyor. Tetapi buah kopyor yang dihasilkan masih seperti induknya, yaitu bila satu tandah berisi 15 butir, maka yang kopyor sekitar 5-8 butir per tandan, setara 40-60%.

Menurut petani kelapa tempat saya, yaitu di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Sistem perbanyakan  pohon kelapa kopyor dengan cara ini adalah pembibitan kopyor secara alamiah, mudah dan murah. Kini, ketika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak dilakuakn rekayasa pembibitan kelapa kopyor dengan cara menumbuhkan embrio kelapa kopyor melalui teknik kultur embrio atau kultur jaringan.

Saat ini, harga bibit kelapa kopyor hasil kultur embrio dari produsen Rp. 280.000, sampai pedagang bisa lebih dari 1 juta per bibit. Hal ini disebabkan biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan bibit kelapa kopyor melalui teknik kultur jaringan. Bibit kelapa kopyor hasil kultur jaringan berpotensi menghasilkan tanaman kelapa kopyor sebesar 90%.

Dengan teknik ini, yang diperbanyak adalah pohon kelapa berbuah kopyor yang lebih banyak dari kopyor alami, yaitu sebesar 90%-99%. Untuk bibit kopyor tipe Dalam harus ditanam pada hamparan yang terisolasi dari tanaman kelapa lainnya untuk mencegah terjadinya perkawinan silang dengan kelapa normal. Kelapa kopyor tipe dalam berbubuah pada umur 6-7 tahun.

Pohon kelapa kopyor varietas Dalam memiliki batang berbentuk bonggol (bagian batang yang membesar) pada bagian pangkal yang berbatasan dengan permukaan tanah. Pada buah kelapa kopyor tipe Dalam terdiri atas tiga warna, yaitu hijau, hijau kekuningan dan coklat kemerahan (redish brown).

Buah kelapa kopyor yang berwarna hijau memiliki daging buah (endosperm) kelapa kopyor yang rasanya lebih gurih dari pada buah kopyor berwarna hijau kekuningan dan  coklat kemerahan (redish brown).

Varietas Kelapa Kopyor Jenis Genjah


Varietas pohon kelapa kopyor genjah ini sudah banyak orang yang memilikinya sebagai tanaman di pekarangan atau perkebunan sekala kecil. Salah satu daerah penghasil utama kelapa kopyor genjah adalah kabupaten Pati bagian utara, dari Alun-Alun Pati kea rah utara 7-15 Kilo Meter.

Pohon Kelapa kopyor tipe Genjah Dari hasil survai di wilayah Pati, Jawa Tengah, diperoleh hasil bahwa di daerah ini banyak terdapat kelapa kopyor Genjah. Berdasarkan warna terdapat, kopyor Genjah terdiri atas lima jenis yaitu hijau, hijau kekuningan, kuning (gading wulan), coklat kemerahan dan orange (gading).

Tidak berbeda halnya dengan buah kelapa kopyor tipe Dalam, dari segi rasa buah kelapa kopyor, buah kelapa kopyor tipe Genjah secara warna memiliki warna yang beragam, mulai dari hijau mempunyai daging buah (endosperm) yang rasa yang lebih gurih dari warna lainnya baik untuk tipe Dalam maupun Genjah.

Varietas kelapa kopyor tipe Genjah yang dapat berbuah dalam umur yang relatif pendek 3-4 tahun dan diperkirakan dapat dikembangkan pada areal yang relatif sempit misalnya pada lahan pekarangan yang tidak harus terpisah dengan tanaman lain secara ketat karena sifat tanaman kelapa genjah yang menyerbuk sendiri.

Kelapa kopyor varietas genjah ini memiliki keunggulan dapat mengatasi kebutuhan bibit kelapa kopyor oleh petani produsen yang dapat dikembangkan. Saat ini, sistem kultur jaringan kelapa kopyor yang dihasilkan Balitka ini telah dimanfaatkan oleh Dinas Provinsi Jawa Timur, jawa barat, Sumata Selatan dalam rangka pengembangan dan penyebaran tanaman pohon kelapa kopyor.


..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar