Kamis, 29 Agustus 2019

Persebaran Tanaman Kelapa Kopyor di Indonesia


Persebaran Tanaman Kelapa Kopyor di Indonesia, Di Yogyakarta Apa Sudah Ada?

Bibit tanaman unggul – Tanaman kelapa kopyor pada mulanya ditanam secara alami, yaitu menumbuhkan tunas bibit baru dari buah kelapa kopyor. Seiring perjalanan, tanaman kelapa kopyor selain dapat diperbanyak secara konvensional melalui biji, bisa juga menggunakan sistem pembibitan dengan cara kultur jaringan. IPB adalah sebagian instansi yang melakukan mengembangkan tanaman kelapa kultur jaringan. Hasilnya buah kelapa kopyornya mampu mencapai 90 sampai 100 persen. Kelapa kopyor genjah cepat berbuah.
kelapa kopyor genjah - pendek sudah berbuah


Bibit tanaman unggul – Pohon kelapa kopyor pada mulanya ditanam secara alami, yaitu menumbuhkan tunas bibit baru dari buah kelapa kopyor. Seiring perjalanan, tanaman kelapa kopyor selain dapat diperbanyak secara konvensional melalui biji, bisa juga menggunakan sistem pembibitan dengan cara kultur jaringan. IPB adalah sebagian instansi yang melakukan mengembangkan tanaman kelapa kultur jaringan. Hasilnya buah kelapa kopyornya mampu mencapai 90 sampai 100 persen. Kelapa kopyor genjah cepat berbuah.

Proses teknik pembuatan bibit kelapa koyor ini embrio kopyor yang normal dikulturkan pada media tumbuh buatan sehingga peluang bertemunya gen resisif pada bunga betina dan serbuk sari lebih besar. MEngenai asal pertama kali muncul tanaman kelapa kopyor ini, secara jelas belum ada informasi tentang asal tanaman kelapa berbuah kopyor ini, meskipun diketahui tanaman ini tersebar di Pulau Jawa.

Namun, Tanaman kelapa kopyor ini setidaknya diketahui menyebar di beberapa daerah sentra produksi kelapa baik di perkebunan, kebun petani maupun pekarangan. Pada umumnya buah kelapa kopyor yang ada di pasaran berasal dari beberapa daerah di Jawa dan Sumatera.

Di Pulau Jawa, tanaman kelapa kopyor paling banyak terdapat di Pati, Banjarnegara, Kebumen, Rembang dan Jepara (Jawa Tengah), Lumajang, Madura, Jombang, dan Tulungagung (Jawa Timur), Ciomas, Sukabumi, Bandung, Bogor dan PTPN VIII Cikumpay (Jawa Barat). Di pulau Sumatera, tanaman kelapa kopyor terdapat di daerah Lampung Selatan.

Di Kabupaten Pati tanaman kelapa kopyor tumbuh dan berkembang di tujuh kecamatan yaitu Dukuhseti, Margoyoso, Tayu, Wedarijaksa, Trangkil, Gunung Wungkal dan Cluwak. Luas tanaman kelapa kopyor di Kabupaten Pati 378,09 ha dan areal terluas di tiga kecamatan, yaitu Dukuhseti, Margoyoso dan Tayu berturut-turut seluas 132,60 ha, 131,55 ha dan 69,50 ha.

Pada tahuan 2000-an, Pati menjadi sentra kelapa kopyor dengan hadirnya balai Palma di daerah sana. Mereka melakukan tinjauan lapangan di Kecamatan Tayu dan Dukuhseti untuk menentukan jenis dan membuat sertifikasi pada tanaman kelapa kopyor. Sertifikat label hijau untuk tanaman kelapa kopyor ini biasanya berlaku 1 tahuan setelah tanggal penetapan varietas.

Di daerah Jawa Barat, Populasi tanaman kelapa kopyor di Ciomas, Bogor dan Cikumpay berbeda dengan populasi kelapa kopyor yang ada di daerah-daerah lain baik di Jawa maupun Sumatera. Tanaman kelapa kopyor di kedua lokasi ini merupakan hasil perbanyakan dengan teknik kultur embrio yang dilakukan oleh LRPI, Bogor.

Tanaman kelapa kopyor di Madura, Kabupaten Sumenep terdapat di tiga kecamatan, yaitu Gapura, Batang-batang dan Dungke. Jumlah tanaman kurang lebih 250 pohon yang ditanam di antara tanaman kelapa normal dan ada dalam bentuk populasi tetapi masih merupakan tanaman muda. Tanaman-tanaman ini hanya diusahakan oleh beberapa petani saja dan merupakan tanaman yang dikembangkan secara turun temurun.

Di Pulau Sumatra, Kalianda, Lampung Selatan terdapat populasi kelapa kopyor alami sebanyak 178 pohon  dalam satu hamparan milik satu orang petani. Kebun ini menjadi sumber bibit kopyor alami dan telah disebarkan pada beberapa petani. Sedangkan untuk wilayah Yogyakarta, Belum banyak yang menanam kelapa jenis kopyor, padahal salahsatu kabupaten, yaitu Bantul maskot logonya adalah tanaman kelapa.

Demikain uraian singakat tentang persebaran tanaman kelapa kopyor di Indonesia. Untuk lebih lanjut, bagi anda yang ingin menanam tanaman menguntungan secara finansial ini, kami menyediakan bibit kelapa kopyor genjah yang cepat berbuah. Hubungi WA 0857 4775 7565. Bibit Kelapa genjah kopyor asli di Bantul daerah Istimewa Yogyakarta.
..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar